Opini Bisnis Internasional-Prudential


PRUDENTIAL
(Always Listening, Always Understanding)
Didirikan pada tahun 1995 ,PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan berbasis di London, Inggris, yang memiliki pengalaman lebih dari 160 tahun.
      Pengalaman yang terbilang sudah sangat lama ini ternyata masih belum cukup memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk mengikuti polis asuransi ini. Terlebih banyak kasus dan keluhan ketidakpuasan para nasabahnya terhadap pelayanan PT Prudential khususnya di Indonesia yang menyebar di dunia maya makin meresahkan saja.

     Sebagai orang awam yang tidak pernah mengikuti polis asuransi sebenarnya saya tidak mengerti benar tentang penyebab dari kasus-kasus belakangan ini. Namun setelah saya membaca beberapa artikel saya menyimpulkan bahwa inti utama dari permasalahan ini adalah:
1.   Nasabah yang kurang kritis terhahadap jasa yang ditawarkan oleh agen
2.   Agen asuransi yang tidak profesional
3. Adanya Oknum yang membuat pencitraan asuransi khususnya di Indonesia, sehingga masyarakat kurang memahami apa itu asuransi sendiri dan menjadi kurang yakin untuk menginvestasikan kehidupan masa depannya dengan asuransi.

Kurun waktu terakhir prudential memang sangat aktif dalam merekrut agen. Jika sudah begitu maka agen akan semakin banyak dan semakin sulit bagi prudential untuk mempertahankan kualitas pelayanan. Belum lagi ulah agen-agen nakal yang dengan sengaja tidak memberitahukan secara terperinci aturan-aturan yang berlaku dan pengecualian terhadap polis tersebut. Sebagai seseorang yang menawarkan sesuatu pastinya sang agen akan banyak mengiming-imingkan keuntungan bagi calon nasabah dan sebaliknya mempersempit pembicaran tentang kerugian yang mungkin terjadi. Jika sudah begitu nasabah yang tidak kritis bertanya akan semakin tertarik dan akhirnya mengikuti polis asuransi tanpa mengetahui dengan jelas tentang aturan polis tersebut.

Dari beberapa kasus prudential terlihat jelas bahwa beberapa nasabah tidak mendapatkan pelayanan yang memuaskan seperti dipersulit saat melakukan pengajuan klaim, hingga penolakan klaim. Dari informasi yang saya dapatkan memang benar bahwa pengajuan klaim bagi nasabah yang kurang dari 2 tahun maka akan sedikit dipersulit.

Namun bukan hanya asuransi yang  pelayanannya kurang memuaskan saja tapi banyak pula prestasi yang telah diraih prudential seperti sukses melindungi para investor dalam penanaman sahamnya, belum lagi berbagai penghargaan yang telah diterima sebagai perusahaan asuransi internasional  profesional tertua, terbesar dan terkut di dunia.

   Tetapi Mulai sekarang Prudential bangkit dari masa lalunya, dengan memperbaiki pelayanan dan mengusahakan yang terbaik untuk nasabahnya. Sesuai dengan mottonya "Always Listening, Always Understanding" menurut saya Prudential ingin  tumbuh bersama masyarakat dan membantu mengatasi ketakutan akan masa depannya. Untuk sekarang pelayanan Prudential sudah mengalami kemajuan.

Jadi untuk menghindari kasus-kasus yang belakangan terjadi nasabah dituntut untuk lebih jeli dan kritis dalam menanggapi penawaran yang dilakukan oleh agen, jika alasan dan jawaban agen tersebut kurang logis maka beranikanlah diri anda untuk menolaknya. :)

Read More >>

Opini Bisnis Internasional-The Little Things She Needs


The Little Things She Needs


The Little Things She Needs adalah toko ritel asli Indonesia yang menawarkan berbagai aksesoris fashion dari sepatu, tas, dan perhiasan kostum untuk wanita dengan harga yang bersahabat. Wih! Sebenarnya sedikit terkejut saat tahu bahwa toko yang banyak dicari cewe-cewe di sekolah dulu adalah brand asli Indonesia, sebab setelah dengar namanya saja saya langsung mengira bahwa toko ini sejenis dengan Forever 21 atau NYLA yang berasal dari luar.

Awalnya saya tahu toko ini dari teman sekolah beberapa tahun yang lalu saat jalan-jalan di sebuah mall di kawasan Pondok Indah. Tidak hanya di Mall Pondok Indah,toko ini ternyata juga memiliki cabang di Gandaria City, Lipo Mall Kemang, FX dan 15 toko lain yang tersebar di Jakarta, Bali dan Surabaya, serta 3 toko di Singapura dan 2 toko lainnya di Filipina. Hal pertama yang terlintas di benak saya saat pertama kali masuk ke toko ini adalah “cewe banget”. Banyak aksesoris-aksesoris lucu seperti gelang, kalung, cincin, tote bag, heels, wedges dan yang menjadi keunggulan dari toko ini yaitu flat shoes. Barang-barang lucu yang colorful membuat mata melek dan sangat menarik untuk dibawa pulang, terlebih toko ini sangat terkenal dengan promo-promo menarik yang sering diadakan setiap bulannya.

Saya pernah membeli beberapa barang di toko ini seperti flat shoes dan wedges. Harga yang terjangkau, sepatu yang nyaman dipakai dan modelnya yang sedap dipandang adalah faktor utama saya memilih untuk membeli di toko ini. Namun, setelah saya pakai beberapa bulan sepatu ini mulai rusak dan terasa ringkih saat digunakan. Belum lagi saat musim hujan, terkena air sedikit flat shoes yang saya gunakan sudah mulai jebol. Mungkin faktor kualitas bahan juga mempengaruhi hal ini.

Beberapa teman sekolah yang saya minta pendapat sebagai pengguna brand ini juga merasakan hal yang sama, namun mereka masih tetap tertarik untuk kembali ke toko ini, karena terlepas dari kurang awetnya beberapa produk, toko ini benar benar membuat para gadis nyaman dan merasa bahwa tempat ini adalah tempat yang benar-benar dapat memberikan apa yang mereka ingin dan butuhkan. 

         Sesuai dengan moto The Little Things She Needs: “We do understand the needs for every girl to appear fashionable in the public eyes but in order to achieve that, it does not correlate with how much you spend but how the products really suit you and your needs.”


                                       
www.thelittlethingssheneeds.com
Read More >>

BAB 1-RUANG LINGKUP BISNIS


TUGAS SOFT SKILL
PENGANTAR BISNIS
RUANG LINGKUP BISNIS



Nama    : Dian Indah Sari (22212025)
kelas     : 1 EB12
Jurusan  : Akuntansi
Fakultas : Ekonomi


UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2012/2013


1. Pengertian Ruang Lingkup Bisnis 

Bisnis → Business → Busy → Sibuk 
  • Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya (ilmu ekonomi) 
  • Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990] 
  • Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert] 
  • Business is all those involved in providing the goods and services neede or desired by people. [Steinford] 
  • Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit. [ Griffin dan Ebert ] 
  • Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen. [Allan Afuah] 
  • Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang – orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar kualitas hidup mereka. [Glos, Steade dan Lowry] 
  • Bisnis adalah usaha perdagangann yang dilakukan oleh sekelompok orang yang teroganisasi untuk mendapatkan laba denganmemproduksi dan menjual barang atau jasaa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. [Mahmud machfoed]
    Dari beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan suatu kegiatan atau cara yang digunakan oleh suatu organisasi maupun secara individual dalam rangka menciptakan atau mengembangkan suatu barang ataupun jasa demi memenuhi kebutuhan konsumen dengan tujuan untuk mencari keuntungan yang maksimal.

2. Pengertian Bisnis

    Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

    Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

    Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

3. Tujuan Kebijakan Bisnis

    Kebijaksanaan atau langkah-langkah tersebut bila dibaca dalam suasana dan kondisi normal merupakan langkah dan kebijaksanaan yang tidak lazim dilakukan oleh otoritas fiskal. Dalam kondisi normal, penutupan bank merupakan tanggung jawab dan wewenang Bank Indonesia sebagai otoritas pengawasan bank. Dalam kondisi normal, penambahan modal bank merupakan tanggung jawab dari para pemilik bank. Dalam kondisi normal adanya dukungan likuiditas kepada bank yang menghadapi tekanan likuiditas merupakan fungsi dan tanggung jawab Bank Indonesia sebagai pengemban fungsi "“lender of the last resortâ€", dan untuk itu tidak secara langsung perlu ada penggantian oleh pemerintah atas pengeluaran yang sudah dilakukan oleh Bank Indonesia.

    Karena ketidak laziman itu maka wajarlah bila timbul tanda tanya, mengapa otoritas fiskal perlu menjalankan peranan yang demikian besar. Lebih-lebih, karena semua upaya itu pada gilirannya membawa beban besar yang harus dipikul oleh APBN. Karena fokus perhatian kepada upaya-upaya penyehatan perbankan maka terdapat pula observasi bahwa otoritas fiskal kurang memperhatikan pelaksanaan fungsi fiskal dalam mendukung sisi permintaan. Pendapat seperti ini tidak sepenuhnya benar. Memang dilihat dari sisi pengeluaran APBN terjadi pengetatan. Tetapi di masyarakat terdapat gejala peningkatan konsumsi. Besar kemungkinan peningkatan konsumsi yang sangat terasa di tahun 1999 disebabkan oleh besarnya penghasilan tambahan yang diterima masyarakat dari bunga tabungan dan deposito. Bunga tabungan dan deposito yang dikonsumsi oleh masyarakat itu sesungguhnya dibiayai oleh negara. Dananya memang dari perbankan, tetapi bebannya diteruskan ke negara melalui proses rekapitalisasi perbankan dan penerbitan obligasi.

    Kebijaksanaan dan langkah yang ditempuh pada masa itu tentulah tidak berdiri sendiri. Kebijaksanaan tersebut erat kaitannya dengan kondisi dan situasi yang dihadapi, khususnya setelah Mei 1998, dan tidak pula dapat dilepaskan dari kebijaksanaan yang telah ditempuh pada periode sebelumnya, khususnya mengenai penjaminan Pemerintah atas kewajiban bank maupun kondisi riil yang berlangsung dalam perekonomian Indonesia. Tentu kita masih ingat bahwa indikator-indikator makro ekonomi Indonesia di tahun 1996 dan paruh pertama 1997 menunjukan bahwa fundamental ekonomi kita cukup kuat.

    Dalam menentukan aturan pada usaha – usaha yang dilakukan oleh warganya, pemerintah menetapkan kebijakan yang bertujuan untuk keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan ini merupakan sebagian dari aturan yang diterapkan untuk menstabilisasikan bisnis di Indonesia. Di bawah ini merupakan beberapa tujuan pemerintah dalam menerapkan kebijakan bisnis di Indonesia.
  • Melindungi Usaha Kecil dan Menengah 
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan sangat bermanfaat untuk mencegah usaha kecil yang biasanya tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil inilah yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing. Dengan berkembangnya usaha kecil dan menengah maka Indonesia secara perlahan mulai bisa memajukan perkonomian bangsa. 
  • Melindungi Lingkungan Hidup Sekitarnya 
Sebenarnya negara kita adalah negara yang kaya dengan lingkungan hidup, dengan mengelola lingkungan hidup yang ada di Indonesia secara baik dan benar maka tidak perlulah bangsa Indonesia mendapatkan berbagai masalah. Oleh karena itu pemerintah menetapkan aturan –aturan yang bertujuan untuk melindungi lingkungan hidup sekitar, mungkin aturan itu hanya dianggap oleh sekian banyak warga sebagai tulisan biasa. Padahal aturan – aturan itu sangat berarti bagi kelangsungan makhlluk hidup khususnya manusia. 
  • Melindungi Konsumen 
Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali. 
  • Pendapatan Pemerintah 
Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ). 

4. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

   Sistem perekonomian Indonesia adalah Sistem Perekonomian Pancasila yang artinya system perekonomian Indonesia adalah system ekonomi campuran yang berdasarkan nilai – nilai pancasila. Menurut system ini Indonesia menganut system pasar yang beretika dimana ada pemerintah yang turut campur tangan untuk mengatur, mengawasi jalanya perekonomian agar tidak terjadi kecurangan oleh para pelaku ekonomi dalam hal ini pengusaha, sehingga persaingan usaha lebih sehat.

    Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

    Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan,
  • Perekonomian Terencana 
Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme Sebagai wujud pemikiran Karl Max ,komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh. 
  • Perekonomian Pasar 
Perekonomian pasar bergantung pada Kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan. 
  • Perekonomian Pasar Campuran 
Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana.

5. Kesempatan Bisnis

    Kesempatan bisnis atau usaha adalah suatu keadaan dimana adanya celah untuk kita dalam melakukan bisnis. Kesemptan usaha tidak datang begitu saja, tetapi kita harus berusaha untuk mendapatkannya. Jiak kesempatan itu datang kepada kita, pintat – pintar lah dalam mencari usah ayng dapat berkembang. Kita harus mampu membaca sikon dan kondidsi yang terjadi di linhkunga sekitar kita.

5.1. Jenis – jenis bisnis 
  • Perdagangan 
Adalah suatu proses yang terjadi karena adanya penjual, pembeli, dan adanya barang yang ingin diperdagangkan. 
  • Penyimpanan 
Adalah salah satu dari jenis – jenis berbisnis, dengan syarat ada penyimpan dan penabungnya. Para penabung biasnya di beri bunga beberapa persen dari jumlah saldo yang di tabungnya. 
  • Pembelanjaan 
Adalah proses untuk mengubah suatu manfaat benda menjadi manfaat beenda yang lain.
Contoh : seseorang membeli tas seharga Rp. 100.000,-,maka setelah orang itu menyerahkan uangnya untuk membeli tas, pada saat itu juga lah nilai fungsi uang seratus ribu rupiah menjadi nilai fungsi tas. 
Penyampaian Informasi 

Merupakan bagian dari perdagangan jasa. Dengan mengumpulkan informasi – informasi umum yang penting, sesorang bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat luas secara komersil.

6. Unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi

Unsur unsur penting kegiatan perekonomian adalah:
  • Manusia
  • Modal
  • Material
  • Metode
  • Manajerial
  • Mesin /peralatan
*Definisi:
Menjelaskan variabel(suatu besaran yang nilainya dapat mengalami perubahan).Variabel ini di bedakan menjadi 2 yaitu: 

1.Variabel Endogenus
2.Variabel Eksogenus

*Asumsi:
Kegiatan ekonomi dan kehidupan perekonomian yang sangat kompleks,sehingga di buat gambaran yang lebih sederhana mengenai suatu hubungan peristiwa dengan faktor yang mempengaruhinya.

*Hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan yang bersifat umum mengenai barang dan jasa.Dan keinginan ini di bedakan menjadi 2,yaitu keinginan yang di sertai kemampuan membeli barang dan jasa.

7. Hakikat Bisnis 
1. Bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan real sebuah bisnis. 

2. Bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapinya. 


Read More >>