Opini Bisnis Internasional-Prudential


PRUDENTIAL
(Always Listening, Always Understanding)
Didirikan pada tahun 1995 ,PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan berbasis di London, Inggris, yang memiliki pengalaman lebih dari 160 tahun.
      Pengalaman yang terbilang sudah sangat lama ini ternyata masih belum cukup memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk mengikuti polis asuransi ini. Terlebih banyak kasus dan keluhan ketidakpuasan para nasabahnya terhadap pelayanan PT Prudential khususnya di Indonesia yang menyebar di dunia maya makin meresahkan saja.

     Sebagai orang awam yang tidak pernah mengikuti polis asuransi sebenarnya saya tidak mengerti benar tentang penyebab dari kasus-kasus belakangan ini. Namun setelah saya membaca beberapa artikel saya menyimpulkan bahwa inti utama dari permasalahan ini adalah:
1.   Nasabah yang kurang kritis terhahadap jasa yang ditawarkan oleh agen
2.   Agen asuransi yang tidak profesional
3. Adanya Oknum yang membuat pencitraan asuransi khususnya di Indonesia, sehingga masyarakat kurang memahami apa itu asuransi sendiri dan menjadi kurang yakin untuk menginvestasikan kehidupan masa depannya dengan asuransi.

Kurun waktu terakhir prudential memang sangat aktif dalam merekrut agen. Jika sudah begitu maka agen akan semakin banyak dan semakin sulit bagi prudential untuk mempertahankan kualitas pelayanan. Belum lagi ulah agen-agen nakal yang dengan sengaja tidak memberitahukan secara terperinci aturan-aturan yang berlaku dan pengecualian terhadap polis tersebut. Sebagai seseorang yang menawarkan sesuatu pastinya sang agen akan banyak mengiming-imingkan keuntungan bagi calon nasabah dan sebaliknya mempersempit pembicaran tentang kerugian yang mungkin terjadi. Jika sudah begitu nasabah yang tidak kritis bertanya akan semakin tertarik dan akhirnya mengikuti polis asuransi tanpa mengetahui dengan jelas tentang aturan polis tersebut.

Dari beberapa kasus prudential terlihat jelas bahwa beberapa nasabah tidak mendapatkan pelayanan yang memuaskan seperti dipersulit saat melakukan pengajuan klaim, hingga penolakan klaim. Dari informasi yang saya dapatkan memang benar bahwa pengajuan klaim bagi nasabah yang kurang dari 2 tahun maka akan sedikit dipersulit.

Namun bukan hanya asuransi yang  pelayanannya kurang memuaskan saja tapi banyak pula prestasi yang telah diraih prudential seperti sukses melindungi para investor dalam penanaman sahamnya, belum lagi berbagai penghargaan yang telah diterima sebagai perusahaan asuransi internasional  profesional tertua, terbesar dan terkut di dunia.

   Tetapi Mulai sekarang Prudential bangkit dari masa lalunya, dengan memperbaiki pelayanan dan mengusahakan yang terbaik untuk nasabahnya. Sesuai dengan mottonya "Always Listening, Always Understanding" menurut saya Prudential ingin  tumbuh bersama masyarakat dan membantu mengatasi ketakutan akan masa depannya. Untuk sekarang pelayanan Prudential sudah mengalami kemajuan.

Jadi untuk menghindari kasus-kasus yang belakangan terjadi nasabah dituntut untuk lebih jeli dan kritis dalam menanggapi penawaran yang dilakukan oleh agen, jika alasan dan jawaban agen tersebut kurang logis maka beranikanlah diri anda untuk menolaknya. :)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Blogwalking sedikit ya :*
Udah bagus opininya, tinggal di tambahin dikit aja bakal sempurna deh

Diny Fahmila mengatakan...

Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma Edisi Desember 2012 ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
Link: http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak? Maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini:
http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

Dian Indah Sari mengatakan...

maaciw kaka :3

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --