Android Vs. iPhone



            Diantara smartphone Android dan iPhone, mana yang akan anda pilih? Saat ini Andorid memang sedang happening. Berbagai smartphone diluncurkan dengan dilengkapi operasi sistem  ini dari Samsung hingga Mito, dari yang mahal sampai yang murah, dari yang keren sampai yang ya gitu deh..
            Sering saya temui perbincangan hangat sebuah forum, blog atau social media yang berujung dengan situasi yang memanas antara pengguna Android dan iPhone. Masing-masing bangga dengan menggunakan smartphonenya, dan tidak jarang juga meremehkan satu sama lain.
Banyak pengguna Android menganggap bahwa pengguna iPhone hanya mementingkan nilai ‘perstise’ dan terkadang sombong, padahal tidak sedikit juga smartphone Android yang harganya sama bahkan lebih mahal dari iPhone. Sedangkan banyak pula pengguna iPhone yang meremehkan pengguna Android karena terkesan smartphone yang murah dan tidak se-eksklusif iPhone. Sebelum ada keributan lebih lanjut mari kita liat alasan seseorang dalam memilih masing-masing operasi sistem tersebut.

·         Android
            Banyak orang yang lebih memilih Android karena untuk kepuasan pribadi bermain-main dengan teknologi. Kenapa? Karena Android adalah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux, yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android itu sendiri menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Android merupakan sistem operasi yang aman dan menyediakan banyak tools untuk membangun software dan memungkinkan pengembangan aplikasi.
            Berikut ini adalah alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan Android dibanding iPhone yang dikutip dari forums.merdeka.com:
1.      Kinerja, Kecepatan dan Efisiensi
Kinerja, kecepatan dan efisiensi merupakan pusat perhatian dari smartphone Android. Pengguna menikmati kecepatan cepat dan mudah untuk mengakses program dalam perangkat Android mereka. Ini adalah alasan utama mengapa Android telah menjadi OS yang paling kompetitif di pasar. 
2.      Dukungan Hardware
Ini merupakan salah satu alasan mengapa Android yang telah begitu sukses dan dicintai oleh semua pengguna. Smartphone Android memungkinkan Anda dukungan hardware tambahan seperti video / kamera, sentuh, GPS, akselerometer, giroskop, magnetometer, kontrol game khusus, kedekatan dan sensor tekanan, termometer dipercepat grafis 2D dan 3D. 
3.      Mengagumkan Apps
Apps adalah faktor paling penting dalam keberhasilan setiap jenis gadget elektronik. OS Android memungkinkan Anda untuk menikmati semua aplikasi menarik seperti Locale, Google Map Navigation, Twitter, Facebook, game dan banyak lainnya. Saya diperhitungkan bahwa itu adalah salah satu alasan utama untuk mencintai Android. 
4.      Harga
Alasan ini adalah faktor yang paling penting karena ketika Anda berpikir untuk membeli sebuah smartphone berbasis Android dengan fitur yang sangat unik dan konfigurasi dari Anda juga berpikir tentang anggaran Anda. Tapi di sini adalah hal, produsen smartphone Android berbasis menargetkan semua pelanggan dan tersedia dalam harga yang sangat terjangkau. Nah ada juga banyak dari mereka yang sangat mahal juga. 
5.      Upgrade Instan
Upgrade instan yang mudah tersedia untuk semua pengguna Android. Anda dapat mengupgrade smartphone Anda kapan saja Anda ingin mendapatkan berhubungan dengan semua fitur terbaru di pasar. 
6.      Keamanan
Pada versi sebelumnya Android, terutama dalam 2.1 (Eclair) dan 2.2 (Froyo) menyaksikan banyak masalah keamanan seperti Trojan dan malware. Tapi itu berhasil diperbaiki oleh Tim Keamanan Android dan sekarang semua smartphone berbasis Android dilindungi dari semua jenis virus. Jadi sekarang Anda dapat mengakses semua aplikasi tanpa khawatir. 
7.      Handphone Gaming
Awal tahun ini Android menyampaikan berita menarik bahwa mereka akan menyediakan fasilitas untuk semua pengguna dengan fasilitas Mobile Gaming. PlayStation bahkan mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan beberapa permainan PS yang akan mudah tersedia dalam perangkat didukung oleh Android OS. 
8.      Layarnya lebar
Kelebihan yang satu ini mungkin saja juga bisa ada pada jenis produk lain. Namun secra menyeururh dan dominan produk android digunakan pada layar lebar, sehingga aplikasi yang tersedia dapat digunakan secara optimal tnpa terbatas visual. 
9.      Messenger Service
Begitu banyak messenger yang bisa dipakai pada android, termasuk milik Google yaitu Google Talk. Jadi anda tetap bisa berkomunikasi murah dengan pengguna messenger tersebut entah mereka pakai smartphone, hp atau computer. 
10.  Open Source
Open Source merupakan kelebihan OS ini. Pengguna bisa melihat kode program di google. Karenanya pengguna yang cukup mahir bisa membuat aplikasi android mereka sendiri atau melakukan perbaikan atas versi yang ada.

·         iPhone
Berikut adalah alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan iPhone daripada android yang dikutip dari hptekno.com:
1.      Aplikasi Terbaik Hadir Di iPhone Lebih Dulu
2.      Update Software
Apple akan memberikan update software untuk iPhone, sepanjang speks hardware mendukung. Karena iPhone hanya dibuat oleh Apple, maka mudah untuk memberikan update software ke semua perangkat.
Sedangkan Android dijual tidak hanya dari satu penjual dan tidak semua vendor memberikan update untuk perangkat Androidnya.
3.      iPhone Tak Hadir Dengan Banyak Aplikasi Pra-instal dari Operator
Perangkat Android yang dibundling dengan operator, biasanya sudah ditambahkan dengan aplikasi-aplikasi yang “ditanamkan” oleh operator tersebut. Hal ini tak terjadi di iPhone. Sehingga saat membeli iPhone melalui operator, anda akan tetap mendapatkan aplikasi default yang sudah ditentukan Apple.
4.      Dukungan Teknikal Dari Apple Store
Apple memberikan layanan teknikal cuma-cuma melalui Apple Store. Pengguna iPhone dapat menanyakan masalah teknis yang dihadapinya. Layanan teknis ini gratis.
5.      Design iPhone Sempurna Dan Menggunakan Casing Dari Logam Berkualitas Serta Layar Glass
Casing iPhone dari bahan logam yang berkualitas, sedangkan perangkat Android banyak yang menggunakan casing plastik. Layar iPhone juga berkualitas tinggi, membuatnya lebih tahan gores. Layar perangkat Android sendiri berbeda-beda, perangkat untuk kelas low-end dengan kelas premium tentu beda.
6.      Akses Mudah Ke Database Musik, Acara TV Dan Film Melalui iTunes
Dengan iTunes, pengguna iPhone dapat memutar lagu, acara tv, dan menonton film dari koleksi pribadinya.
7.      AirPlay
Dengan AirPlay pengguna iPhone dapat memindahkan aktivitas streaming media (video/musik) ke perangkat lain yang telah mendukung AirPlay, misalnya AppleTV, MacBook, iMac.
8.      Keuntungan Apple Dari iPhone Lebih Besar Dibandingkan Android
Ada banyak perangkat Android di pasar, namun untuk masalah keuntungan Apple lebih berhasil dalam meraih keuntungan. Sedangkan keuntungan Android terbagi-bagi antar vendor.
9.      Android Terfragmentasi
Ada vendor yang bertahan untuk menggunakan Android 2.3, ada vendor yang memutuskan memakai Android 4.0. Android versi terbaru biasanya hanya digunakan untuk smartphone Premium.
Nah, sekarang sudah jelas semua selera masing-masing. Sebagai mantan pengguna Android saya merasa nyaman, tapi karena sering rusak dan sudah berulang kali servis akhirnya saya beralih ke iPhone. Masalah rusak memang tidak banyak berhubungan dengan OS melainkan hardwarenya, tapi secara pribadi saya lebih percaya dengan produk Apple yang sudah terlebih dulu saya gunakan, seperti iTouch dan iPad.

Referensi:
http://forums.merdeka.com/threads/1916-10-alasan-konsumen-memilih-android

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --