Hidup Sehat Ketombe Lewat



       Kulit kepala yang berketombe merupakan masalah besar bagi anda yang sering melakukan kegiatan di luar. Ketombe muncul karena adanya campuran kotoran dan sisa minyak berlebih di kulit kepala yang kemudian mengering. Kondisi lingkungan, pola makan, stress merupakan beberapa faktor yang dapat memperburuk kondisi kulit kepala berketombe anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ketombe:
      
1.        Pilihlah shampoo anti ketombe yang tepat
Samphoo yang digunakan harus setidaknya mengandung salah satu diantara beberapa bahan ini, Zinc pyrithione, selenium sulfida, sulfur, ketoconazole, dan asam salisilat (salicylic acid). Zinc (seng) berperan penting dalam kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut. Tanpa zat ini, pertumbuhan rambut akan melambat dan bahkan bisa terhenti.

2.        Ganti shampoo hingga menemukan satu yang sesuai
Tidak ada salahnya ganti-ganti shampoo untuk menemukan mana yang benar-benar cocok untuk kulit kepala anda. Jangan lupa untuk keramas setiap hari. Namun jika anda harus keramas lebih dari sekali dalam sehari untuk mengatasi iritasi dan gatal-gatal, segera kunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi.

3.        Gunakan shampoo anti ketombe dengan benar
Diamkan shampoo selama beberapa menit di kulit kepala. Jika cara mengatasi ketombe ini tidak membuat ketombe menghilang, coba campurkan beberapa macam shampoo menjadi satu.

4.        Sikat rambut searah
Kulit kepala seseorang bisa memiliki waktu yang berbeda dengan yang lainnya untuk menyesuaikan dengan kandungan satu produk. Sikat searah dari pangkal rambut hingga ke ujung untuk meratakan minyak di rambut. Tapi, jangan menyikat terlalu banyak karena bisa merangsang kelenjar minyak untuk bekerja lebih keras.

5.     Lotion atau krim
Bagi anda dengan kulit kepala yang sering gatal dan disebabkan oleh ketombe, bisa menggunakan lotion atau krim yang mengandung cortisone. Cara menggunakannya dengan membelah rambut dan pijat krim atau lotion pada kulit kepala. Namun anda harus berhati-hati karena cortisone bisa menimbulkan kemerahan dan kulit kepala terasa kering, atau bahkan efek samping lainnya. Jika perlu, cobalah berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah anda perlu menggunakan krim ini atau tidak.

       Selain sangat tidak nyaman, ketombe juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Mungkin banyak dari anda yang merasa bahwa masalah ketombe yang sedang dirasakan sangat bandel dan sulit untuk diatasi. Selain tips memilih serta menggunakan shamphoo obat ketombe yang benar diatas, adapula beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi permasalah ini. Berikut ini adalah bahan-bahannya.

1.      Garam
Garam bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang berlebihan. Selain itu garam juga dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan menyingkirkan bakteri dan jamur yang ada di kulit kepala.
Cara: Ambil garam secukupnya sebelum mencuci rambut, kemudian taburkan garam secara merata pada kulit kepala. Gosokan garam hingga meresap ke seluruh permukaan kulit kepala. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih dan shampo.
2.      Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E dan asam lemak yang dapat menghilangkan dan memberantas ketombe yang membandel. Selain itu minyak kelapa juga dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe.
Cara: Gunakan minyak kelapa sebagai minyak pijat untuk memijat kulit kepala setiap malam sebelum tidur. Kemudian balut kepala dengan handuk panas dan diamkan selama beberapa menit hingga minyak rata dan meresap ke seluruh permukaan kulit kepala. Setelah itu bilas hingga bersih.
3.      Minyak Wijen
Minyak wijen dikenal ampuh untuk mengurangi rambut rontok, kulit kepala kering dan menghilangkan ketombe.
Cara: Hangatkan minyak wijen dan oleskan pada kulit kepala. Anda juga dapat mencampurkannya dengan perasan jeruk nipis. Kemudian diamkan selama beberapa jam, bilas dengan air hingga bersih.
4.      Jeruk Nipis
Jeruk nipis bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang membandel.
Cara: Siramkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala hingga rata. Kemudian remas-remas kulit kepala hingga air jeruk nipis meresap ke seluruh permukaan kulit kepala. Setelah itu diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.
5.      Baking Soda
Baking soda juga sangat bermanfaat untuk menghilankan ketombe.
Cara: Basahi rambut terlebih dahulu. Gosokkan baking soda pada kulit kepala. Setelah itu bilas hingga bersih dan kering. Lakukan cara ini setiap kali anda mencuci rambut untuk mendapatkan hasil yang baik tanpa menggunakan shampo. Pada awal pemakaian rambut akan terasa kering, tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami. Setelah itu rambut akan terasa lembut dan terbebas dari ketombe.
Makanan yang Baik untuk Rambut
      Rambut rusak seringkali justru disebabkan oleh penggunaan berbagai produk perawatan rambut seperti, shampoo, conditioner dan lainnya. Tidak hanya itu, konsumsi makanan dan suplemen juga dapat mempengaruhi rusaknya rambut. Memang tidak secepat efeknya terhadap kulit, efek ke rambut membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan untuk melihat jelas efeknya.
       Seperti masalah ketombe, hal ini bisa saja diakibatkan karena kurangya asupan makanan yang mengandung zinc bagi tubuh. Beberapa dokter berpendapat bahwa makanan yang kita makan sedikit banyak dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Maka dari itu, pintarlah memilih makanan yang tidak hanya enak tapi juga bermanfaat. Berikut ini adalah makanan yang baik untuk kesehatan rambut.
·        Salmon
Ikan ini mengandung protein, vitamin D, dan asam lemak omega 3 yang tinggi. Sekitar 3% dari pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh asam lemak omega 3 yang membantu kulit kepala untuk tetap lembab alami.
·        Kacang walnut
Dari banyak jenis kacang yang ada, walnut satu-satunya yang mengandung Omega 3 cukup banyak serta Vitamin E dan biotin yang menjaga rambut dari kerontokan.
·        Kerang
Kurangnya zinc dan protein lainnya dapat memicu kerontokan rambut, karena 97% rambut adalah protein. Dengan mengkonsumsi tiga ons kerang, akan memberikan hampir 500% kandungan zinc yang dibutuhkan rambut.
·        Ubi
Ubi ternyata tinggi akan betakaroten, salah satu sumber utama vitamin A yang baik untuk menjaga kulit kepala agar tetap bersih dan bebas ketombe.
·        Telur
Telur tidak hanya kaya akan protein tetapi juga zat besi yang sangat baik untuk rambut.
·        Bayam dan Brokoli
Beta karoten, zat besi, dan vitamin C yang terkumpul di dalam bayam dapat menjaga kekuatan akar rambut dan menjaga sirkulasi minyak agar tetap terkontrol.
·        Kacang Lentil
Meski kecil, kacang ini memiliki kandungan protein, zat besi, zinc, dan biotin yang sangat tinggi. Anda juga bisa mengganti kacang ini dengan kacang merah.
·        Yogurt
Vitamin B5 atau asam pantotenik sering sekali disebutkan di berbagai produk perawatan rambut. Jika anda bisa mengkonsumsi yang alami kenapa harus menggunakan produk buatan yang tentu saja mengandung bahan kimia?
·        Blueberry
Kandungan vitamin C pada blueberry akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.
·        Daging Sapi
Selain daging ayam dan unggas yang kaya protein, zinc, zat besi, dan vitamin B compleks, anda juga dapat menggantinya dengan irisan tipis daging sapi untuk menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --