Sehat dari Nikmatnya Coklat



Coklat.. hemm siapa yang tidak menyukai makanan yang berasal dari buah koko ini. Coklat sering diidentikkan dengan momen –momen indah bersama pasangan atau sahabat maupun keluarga seperti hari jadi, hari ulang tahun dan juga hari valentine. Rasa yang khas manis sedikit pahit membuat banyak orang ketagihan dengan makanan yang satu ini. Tapi tahukah anda bahwa untuk menjadi coklat yang siap kita santap selama, buah koko harus melewati proses pengeringan terlebih dahulu untuk menghasilkan serbuk koko yang kemudian menghasilkan coklat.
            Coklat adalah salah satu bahan yang sangat mudah untuk diolah, tidak hanya langsung dimakan coklat juga sering dijadikan bahan membuat berbagai macam kue, biskuit hingga minuman yang menyegarkan.

Kandungan Coklat
Kandungan
Coklat kosong
Coklat susu
Tenaga
511 kcal
514 kcal
Lemak
32.3 g
29.0 g
Protein
4.1 g
8.1 g
Karbohidrat
51.9 g
56.1 g
Zat Besi
2.3 mg
0.8 mg
Kalsium
29.0 mg
233.0 mg
Tiamin
0.04 mg
0.09 mg
Riboflavin
0.02 mg
0.3 mg
Niasin
0.4 mg
0.4 mg
Vitamin A
22.0 mg
84.0

Selain enak ternyata coklat juga mengandung banyak zat gizi pada coklat. Biji coklat memiliki kandungan alkanoid yang menyebabkan rasanya menjadi pahit.  Tidak hanya itu biji coklat juga mengandung 9% protein yang memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar, 14% karbohidrat, dan 31% lemak. Dengan banyaknya zat gizi yang terkandung dalam coklat maka tidak heran jika makanan ini memang meiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
 Kelebihan Coklat

Hampir semua kalangan menyukai coklat, dari anak kecil hingga dewasa.  Banyak orang menganggap coklat adalah makanan yang hanya bisa membuat gemuk dan kurang baik, tapi nyatanya coklat adalah makanan yang memiliki banyak khasiat dan ikut serta menyumbang keperluan masukan positif bagi tubuh kita. Contohnya, kandungan zat di dalam coklat susu.
Berikut adalah kelebihan coklat yang dipercayai sejak dulu:
1.               Mencegah dan Melawan Kanker
Berdasarkan penelitian, coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.
2.               Menurunkan Tekanan Darah
Berdasarkan penelitian, coklat dapat menurunkan tekanan darah. kandungan coklat yang dapat membuat mood lebih baik, ternyata mampu menurunkan tekanan darah.
3.               Membuat Panjang Umur
Coklat pun mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjadikan kita panjang umur. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, para pria yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa cokelat susu dan dark chocolate, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit keseluruhan daripada pria yang makan cokelat dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.
4.               Meningkatkan Gairah/ libido
Coklat juga merupakan afrodisiak, yaitu sebagai peningkat libido seseorang. Menurut penelitian, wanita pecinta coklat memiliki gairah seksual lebih tinggi dari pada wanita yang tidak mengkonsumsi coklat. Mereka mengungkapkan, mengkonsumsi sebatang coklat sebelum bercinta dapat memberikan rasa rileks dan kepuasan dalam aktivitas seksual seseorang.
5.               Menghilangkan Stress
Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood. Hal itu terjadi karena adanya kandungan molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.
6.               Membantu meningkatkan memori dan hafalan
7.               Membantu menguatkan hafalan
8.               Membantu ketajaman mata
9.               Membantu pemulihan saraf yang lelah
10.           Membantu menguatkan daya ingat
11.           Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
12.           Mengurangi risiko atherosclerosis serta mengurangi kematian akibat penyakit koroner jantung
13.           Mengurangi stress
14.           Melambatkan proses penuaan

Manfaat Coklat Bagi Kulit
            Anda pasti sering mendengar atau bahkan menggunakan berbagai produk kecantikan yang mengandung coklat di dalamnya seperti body lotion, sabun mandi, masker wajah/rambut bahkan shampoo. Berikut adalah khasiat coklat yang telah dipercaya sejak dulu:
1.      Mencegah Penuaan
Penuaan adalah masalah yang paling sensitif bagi banyak wanita di dunia. Namun kita bisa mengatasi masalah ini dengan membuat ramuan sendiri di rumah dengan cokelat, yang pastinya lebih alami dan tanpa efek samping.
Cara: Larutkan cokelat dengan susu kemudian pijat di wajah dua atau tiga kali seminggu.

2.      Mecerahkan Kulit
Banyak tempat perawatan seperti klinik kecantikan atau spa yang memberikan paket perawatan tubuh dengan coklat, seperti facial atau lulur yang memang semakin populer di dunia saat ini. Tidak perlu pergi ke luar, kita juga dapat mengaplikasikan sendiri dirumah.
Cara: Campurkan bubuk cokelat dengan susu, madu dan oatmeal. Lalu aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan 15 - 20 menit. Bilas dengan air dingin.

3.      Menghindari kulit terbakar
Ternyata selain sebagai anti oksidan, coklat juga memiliki kandungan flavonoids yang mampu mencegah kerusakan prematur pada warna kulit. Jadi coklat juga bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, tidak heran ada body lotion yang mengandung coklat di dalamnya. Hmm baru ngerti deh hehe.

4.      Scrub
Cokelat juga bisa digunakan dengan menjadikannya sebagai scrub. Campurkan bubuk cokelat dengan susu dan yogurt untuk membuat scrub alami. Aplikasikan pada wajah dan leher dan gosokkan selama 10 menit dengan alur mengikuti arah jam. Sebelum dibilas dengan air dingin, diamkan selama 5 menit lebih dulu.


Referensi:
http://permathic.blogspot.com/2012/11/kandungan-dan-manfaat-coklat-bagi.html

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --