Bijak Menggunakan Jejaring Sosial


Semakin berkembangnya teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi manfaatnya. Salah satunya adalah media sosial online. Dengan media ini kita dapat dengan mudah berbagi informasi, mencari teman lama serta berpartisipasi dalam berbagai forum online, blog maupung jejaring sosial lainnya.
            Kini media sosial tidak hanya dianggap sebagai hiburan namun juga kebutuhan. Hampir semua kalangan bermain-main dengan media ini. Kemudahan mengakses serta berbagai fitur menarik yang disediakan membuat banyak orang ketagihan. Berikut adalah 10 macam media sosial yang populer di dunia:
1.    Facebook
Facebook  memiliki 1 miliar pengguna yang merupakan jejaring sosial dengan pengguna terbesar di dunia. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini. Situs ini tidak hanya dapat digunakan untuk menemukan teman baru atau teman lama tanpa mengenal jarak, namun juga berbagi informasi, foto, bermain game online dan masih banyak lagi.

2.    Twitter
Microblogging ini didirikan tahun 2006. Saat ini twitter memiliki 500 juta pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Kemudahan dalam menggunakan twitter membuat jejaring sosial ini sangat cepat digemari penggunanya.

3.    Google+
Melihat semakin berkembangnya berbagai jejaring sosial yang ada, sepertinya google tertarik untuk ikut serta meramaikan pasar. Media sosial yang terkenal dengan fitur Hangout-nya ini memiliki 400 juta pengguna saat ini.

4.    Weibo
Weibo atau Sina Weibo  didirikan Agustus 2009. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai Twitter versi China dan hingga saat ini Weibo telah memiliki 300 juta pengguna. 

5.    Instagram
Jejaring sosial yang sering disebut dengan the rising star ini memiliki harga yang fantastis, yaitu 1 miliar dolar. Tak hanya sebuah jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini miliki 100 juta pengguna. Saat ini Instagram memiliki fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat menyaring siapa saja yang dapat melihat gambar yang kita upload, yaitu fitur direct.

6.    Tumblr
Jejaring sosial ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain seperti WordPress maupun Blogger. Saat ini Tumblr memiliki 81 juta pengguna.

7.    Foursquare
Jejaring sosial berbasis lokasi ini kini miliki 25 juta pengguna. Jejaring sosial ini pun sudah  mampu menembus 3 miliar check-in.

8.    Soundcloud
Soundcloud sering disebut sebagai jejaring sosial berbasis audio. Didirikan bulan Agustus 2007, kini jejaring sosial tersebut miliki 20 juta pengguna. Bagi anda yang hobi bernyanyi dapat memanfaatkan media ini selain menggunakan situs youtube.

9.      Friendster
Sempat menjadi primadona, Friendster kini fokus ke bidang social game. Kini Friendster memiliki 8,2 juta pengguna.

10.  Path
Disebut sebagai smart jounal online, Path tetap menghubungkan pengguna dengan keluarga, kerabat, dan sahabat. Dengan Path kita dapat berbagi informasi seperti tempat, lagu yang kita dengarkan, film yang kita tonton dan masih banyak lagi. Saat ini Path telah memiliki 5 juta pengguna.

Manfaat Positif Jejaring Sosial
            Berkembangnya teknologi dibidang jejaring sosial tentu saja banyak memberi manfaat bagi para penggunanya. Berikut adalah manfaat jejaring sosial yang banyak diikuti saat ini:
1.      Sarana Berbagi
Dengan jejaring sosial yang ada kita tidak hanya dapat berbagi informasi tetapi juga foto, musik dan yang lainnya. tidak hanya dapat berbincang dengan teman atau menemui teman lama namun juga mendapatkan teman baru di dunia maya.

2.      Sarana Promosi
Jejaring sosial saat ini juga sering dimanfaatkan sebagai sarana promosi bagi para penjual online. Melalui fasilitas berbagi foto, penjual dapat memperlihatkan barang-barang yang mereka jual dengan media seperti facebook, twitter maupun instagram.

3.      Menyalurkan Hobi
Dengan menggunakan jejaring sosial yang ada kita dapat menyalurkan berbagai hobi, seperti menulis. Dimulai dari menulis status-status pendek di facebook atau twitter, mengikuti lomba-lomba menulis blog dan yang lainnya. Melalui ini kita juga dapat mengetahui berbagai informasi tentang hobi kita, serta informasi perlombaan yang ada.

4.      Sarana Berekspresi
Tidak hanya menulis di blog, pengguna juga dapat mengekspresikan hobinya yang lain seperti bernyanyi, sulap atau yang lainnya. di jejaring sosial pengguna dapat mempromosikan karya-karya yang dimiliki dengan mudah.
Dampak Negatif Jejaring Sosial
            Rasanya sangat aneh memang jika ada remaja saat ini yang tidak mengenal jejaring sosial facebook atau twitter. Hal ini karena jejaring sosial memang sudah dianggap menjadi sebuah kebutuhan bagi para penggunanya. Sisi buruknya, jejaring sosial bisa dianggap sebagai pencipta depresi bagi penggunanya. Bahkan, hal ini juga menjadi sebuah penyakit baru seperti misalnya facebook depression. Dan berikut ini adalah berbagai dampak negatif dari penggunaan jejaring sosial pada umumnya:

1.         Membuat waktu terbuang dengan sia-sia
Sebagian orang memanfaatkan jejaring sosial untuk bisnisnya dan pemanfaatan yang lainnya. Namun sebagian orang justru menggunakan jejaring sosial hanya untuk berbincang-bincang yang lama kelamaan tidak tahu kemana arahnya. Ini adalah merupakan salah satu cara yang salah dalam memanfaatkan jejaring sosial dan cenderung membuang-buang waktu secara sia-sia.

2.         Menambah beban pengeluaran
Dengan kebiasaan menggunakan jaringan internet, seseorang akan merasa wajib membeli pulsa yang lebih banyak bukan hanya untuk SMS dan telepon tapi juga untuk membeli paket internet. Belum lagi toko-toko online dengan barang-barang unik yang menggoda iman di berbagai jejaring sosial maupun situs lainnya.

3.         Mengganggu konsentrasi belajar
Semakin banyak pelajar saat ini yang mulai kecanduan jejaring sosial seperti facebook, twitter, maupun path. Mereka merasa update status di jejaring sosial adalah WAJIB setiap harinya. Hal inilah yang menyebabkan remaja saat ini kurang konsentrasi dalam belajar. Bagaimana ingin berkonsentrasi penuh jika pikiran mereka bercabang antara pelajaran yang ada dan eksistensi di dunia maya.

4.         Mengancam keamanan diri
Anda dapat saja diincar oleh berbagai sindikat melalui update lokasi maupun update foto barang-barang berharga anda. Tidak hanya itu, saat ini banyak perkenalan yang berawal dari jejaring sosial yang berakhir dengan perampokan hingga pemerkosaan saat melakukan pertemuan pertama kali atau sering yang disebut dengan kopi darat.

5.         Mengancam kesehatan
Semakin sering kita menggunakan jejaring sosial maka akan rentan terkena penyakit mulai dari begadang karena terlalu asyik sampai radiasi yang terpancar dari gadget kita sendiri.



Sumber&Referensi:


0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --