Hidup Sehat Bersama Yogurt



Apakah anda sudah tahu menu dessert anda siang ini? Bagaimana kalau anda mencoba yogurt? Tidak hanya bisa diminum/dimakan langsung, yogurt juga dapat diolah menjadi berbagai menu dengan campuran buah atau kacang-kacangan serta dijadikan milkshake.
Selain rasanya yang enak dan segar, yogurt juga kaya akan kandungan protein, vitamin B12, kalsium, Pantothenic Acid, Potasium, Seng, Riboflavin dan fosfor serta termasuk dalam kategori makanan yang sangat rendah lemak dan kolesterolnya. Oleh karena itu yogurt memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan kita, yaitu:
1.      Membantu pencernaan
Probiotik merupakan jenis bakteri menguntungkan yang terkandung dalam yogurt. Bakteri ini akan menyeimbangkan mikroflora dalam usus dan dapat membantu pencernaan serta menjaga tubuh tetap fit.

2.      Menjaga kesehatan jantung
Yogurt juga baik untuk jantung karena rendah lemak, bahkan bebas lemak. Selain itu yogurt juga dapat membantu menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi karena protein khusus dalam susu mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium, dan menyebabkan efek penurun tekanan darah.

3.      Mencegah hipertensi
Dengan konsumsi yang rutin protein spesial di dalam yoghurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya dapat mencegah penyakit hipertensi.

4.      Mencegah Osteoporosis
Mengkonsumsi yogurt sebanyak 200 cc dua kali sehari, akan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh sebanyak 600 mg. Dengan demikian, kandungan kalsium yang diterima tubuh secara teratur itu akan mencegah osteoporosis.

5.      Mengatasi Jerawat
Yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan asam dari yoghurt merupakan asam alami yang efektif untuk mengurangi penyumbatan minyak pada pori-pori.

6.      Menjaga Kehalusan dan kelembutan kulit 
Kandungan probiotik yang membantu sistem pencernaan juga membuat tubuh dapat menyerap nutrisi dengan maksimal. Karena itu, konsumsi yogurt bersama dengan diet makanan yang tinggi vitamin, mineral dan protein akan membuat kulit terjaga kehalusan, kelembutan dan elastisitasnya.

7.      Membantu penderita Lactose Intolerance 
Dalam yoghurt, laktosa sudah dipecah oleh “bakteri baik” sehingga mudah diserap tubuh, sehingga amat disaranakan sebagai pengganti susu bagi penderita lactose Intolerance.

8.      Degradasi Kolesterol
Bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt dapat mendegradasi kolesterol menjadi coprostanol. Coprostanol ini merupakan zat yang tak dapat diserap oleh usus dan akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran. Sehingga jumlah kolesterol yang diserap tubuh pun jadi rendah.

9.      Menghambat Patogen
Mengonsumsi yoghurt bisa menghambat bertumbuhnya kuman-kuman patogen atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan terhambatnya pertumbuhan sekaligus matinya mikrobia patogen dalam lambung dan usus halus bisa menghindari munculnya berbagai penyakit akibat infeksi atau intoksikasi mikrobia.

10.  Menetralisir Antibiotik
Yoghurt dapat menetralisir efek samping konsumsi antibiotik secara oral, yaitu membunuh semua kuman dalam tubuh, termasuk kuman baik yang akan mengganggu keseimbangan saluran cerna.

Yogurt untuk Diet
Yogurt sering dijuluki the slimmer’s food karena kadar kalorinya rendah (63 Kal/100 g untuk yogurt regular dan 53 Kal/100 g untuk yogurt rendah lemak), sehingga sangat baik sebagai makanan diet. Kandungan lemak yogurt hanya sekitar 3,7 g/100 g atau anda juga dapat memilih yogurt yang rendah lemak (1,8 g/100 g) maupun tanpa lemak.

Yogurt untuk Ibu Hamil
Sampai saat ini belum ada anjuran khusus dalam mengkonsumsi yogurt bagi ibu hamil. Namun yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk menunjang proses kehamilan, terutama protein, kalsium (Ca), vitamin D, dan serat. Protein membantu proses pembentukan sel-sel tubuh janin, kalsium membantu proses pembentukan tulang dan gigi, vitamin D mencegah pre-eklampsia, dan kandungan seratnya mencegah masalah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Selain itu yogurt merupakan sumber probiotik (bakteri baik dalam pencernaan) dan prebiotik (makanan bakteri baik) yang dapat membantu fungsi sistem pencernaan.

Yogurt untuk Bayi
Yoghurt adalah produk fermentasi susu yang bersifat semi-padat dan masih mengandung bakteri hidup yang merupakan sumber protein dan kalsium. Komposisi yoghurt mirip dengan komposisi susu. Bahkan, konsumsi yoghurt sebanyak 100 g per hari mampu memberikan sumbangan sekitar 15% dari kebutuhan kalsium dan protein per hari. Bagi balita yang menderita laktosa intoleransi, yogurt dapat menjadi alternatif pengganti susu yang lebih mudah dan cepat dicerna tubuh.
Yogurt dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus yang diduga dapat membuat kesehatan prima serta panjang umur. Vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, asam pantotenat, dan biotin yang terkandung dalam yogurt berperan penting dalam kesehatan reproduksi dan kekebalan tubuh yang baik bagi balita. Namun jangan beri sembarang yogurt bagi balita anda, carilah yogurt yang memang khusus diproduksi untuk balita yang biasa diimpor oleh produk makanan bayi.
Membiasakan Konsumsi Yogurt Pada Anak   

Yogurt merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi karena mengandung protenin yang dapat memotivasi otak anak setiap harinya. Berikut adalah 10 cara yang dapat dicoba untuk membiasakan anak untuk mengkonsumsi yogurt:
1.         Biasakan yoghurt sebagai makanan penutup usai makan siang.
2.         Pilih yoghurt dengan rasa buah jika anak anda tidak menyukai bau maupun rasa aslinya.
3.         Cetak yogurt untuk dijadikan es loli menggunakan cetakan es yang lucu agar menarik bagi anak.
4.         Campurkan yogurt dengan biji-bijian.
5.         Buat yogurt menjadi cemilan praktis seperti smoothies atau milkshake yang padat gizi.
6.         Bawakan yogurt dalam kemasan praktis sebagai bekal sekolah anak anda.
7.         Yogurt bisa menggantikan mentega atau mayones yang mengandung lemak. Gunakan yoghurt tawar dalam masakan anda seperti daging panggang atau ayam panggang.
8.         Buat kegiatan menyenangkan bersama anak dengan mengolah yogurt tawar serta buah-buahan, sirup atau madu.
9.         Tambahkan yoghurt dalam menu makanan penutup setiap akhir pekan yang anda siapkan seperti puding.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat anda tambahkan dalam mengolah yogurt menjadi makanan penutup yang lebih menarik dan lezat bagi anak dan keluarga:
1.         Nata de Coco
Banyak mengandung serat dan rendah lemak. Cocok dicampurkan dengan yoghurt tawar, karena memiliki rasa yang manis.
2.         Sereal
Taburkan sereal yang terbuat dari gandum atau jagung beraneka rasa pada yoghurt atau frozen yogurt sehingga menimbulkan sensasi kriuk yang lezat.
3.         Almond
Almond memiliki sifat mempercepat pergerakan makanan di usus serta mengandung vitamin E dan asam lemak tak jenuh yang sangat baik jika dicampurkan dengan yogurt.
4.         Biskuit
5.         Buah-buahan Segar
Buah segar seperti kiwi, peach, mangga atau jeruk dapat menambah kesegaran dalam menyantap serta menambah kandungan serat pada yogurt.

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --