Keistimewaan Air Putih



Minum air putih, semakin ke sini mungkin semakin banyak orang yang mulai melupakan kebiasaan ini. Sedikit-sedikit minum soda, sedikit sedikit minum air isotonik, sedikit-sedikit kopi, akhirnya jadi benar-benar sedikit minum air putih. Orang tua saya sering sekali mengingat untuk untuk tidak meminum air putih saat sedang haus saja, tetapi biasakan banyak minum air putih untuk kesehatan. Memang apa sih yang buat air putih istimewa? Ini dia penjelasannya.
Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.
Wah ternyata air putih memang sangat penting ya bagi tubuh kita, lalu apa ya yang terjadi jika kita kekurangan minum air putih? Mengkonsumsi air kurang dari 8 gelas, memang tidak berdampak secara langsung bagi tubuh. Tapi jangan salah kira, dengan kurangnya konsumsi air putih tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan darah  kental dan akan mengganggu perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh.
Tidak hanya sampai disitu darah kental tersebut akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus tentu saja akan bekerja lebih keras dalam menyaring darah tersebut. Jika itu terjadi terus menerus maka tidak mungkin ginjal akan rusak.
Bukan hanya perjalanan darah melewati ginjal saja yang terhambat, begitupun juga perjalanan darah kental melewati otak. Padahal, sel-sel otaklah yang paling banyak mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Maka darah kental tentu akan membuat fungsi sel-sel otak tidak secara optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi akan memicu timbulnya penyakit stroke. Hihh seram ya, ternyata hanya karena meremehkan minum air putih bisa mengakibatkan penyakit yang sangat berbahaya.

Manfaat Air Putih
1.      Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga terhindar dari prnyakit maag ataupun sembelit.  Serta membantu pembakaran kalori secara efisien.
2.      Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.
3.      Perawatan kecantikan
Terkadang banyak wanita mengeluhkan kulit yang kering dan tidak sedikit yang hanya mengira karena terlalu lama di dalam ruang yang ber-AC. Padahal kulit yang kering juga bisa terjadi karena kurangnya konsumsi air putih, karena tubuh yang kekurangan air akan menyerap kandungan air dalam kulit. Maka untuk anda yang merasa memiliki kulit kering yang bandel tidak ada salah minum air putih 8 – 10 gelas sehari sambil dibarengi dengan perawatan anda karena air putih juga baik untuk kelembapan kulit.
4.      Kesuburan
Berdasarkan penelitian, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Wah berarti saya harus mulai membiasakan diri untuk tidak mandi dengan air hangat nih hehe.
5.      Kesehatan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan lain sebagainya.
6.      Obat stroke
Ternyata air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh dan stroke. Kenapa? Karena efek panas dari air menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.
7.      Efek relaksasi
Pancuran air yang jatuh ke tubuh seperti saat anda berada dibawah shower terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.
8.      Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Jadi buru-buru kesal jika banyak buang air kecil, siapa tahu diet anda cepat berhasil dengan banyak mengkonsumsi air putih. Minum segelas air hangat sebelum makan juga akan membuat anda lebih cepat kenyang. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.
9.      Tubuh lebih bugar
Jumlah air yang menurun dalam tubuh juga akan mempengaruhi fungsi organ-organ tubuh sehingga membuat kita lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per termasuk makanan dan hasil metabolismenya dan minuman seperti kopi, teh, dan lainnya.

Penyakit Akibat Kurang Konsumsi Air
            Setelah mengetahui manfaat yang diberikan apakah anda masih merasa malas untuk mengkonsumsi air putih? Kalau begitu mari kita liat beberapa penyakit yang dapat disebabkan karena kurang minum yang dilansir oleh Mother Nature Network berikut ini:
1.      Tekanan Darah Tinggi Darah umumnya terdiri dari 92 persen air ketika tubuh terhidrasi dengan sempurna. Tetapi jika kurang minum, darah menjadi lebih kental seperti pembahasan diatas dan membuat tekanan menjadi lebih tinggi.
2.      Kelelahan, air adalah sumber energi penting bagi tubuh manusia. Meskipun tidak mengandung kalori sama sekali, air putih berperan sebagai penjaga keseimbangan kinerja enzim dalam mengelola energi. Jika kurang minum, tubuh akhirnya kelelahan dan tidak mampu beraktivitas.
3.      Asma Dan Alergi Ketika dehidrasi, tubuh membatasi keluar masuknya udara demi menjaga kadar air dalam tubuh. Namun dampaknya, tubuh semakin rentan terhadap gangguan kecil dari luar, seperti asma dan alergi. Jika hal tersebut tak ingin terjadi, jangan malas minum air putih.
4.      Gangguan Kulit, air membuat kulit tetap kenyal dan lembap. Namun jika seseorang malas minum air kulit menjadi kering, sensitif, dan mudah terkena iritasi. Bukan cuma itu, kulit akan lebih cepat keriput dan rentan terkena gangguan lainnya.
5.      Kolesterol Tinggi Saat dehidrasi, tubuh akan memproduksi lebih banyak kolesterol untuk mencegah keluarnya cairan dari dalam sel. Akibatnya, kadar kolesterol semakin tinggi dan tubuh berisiko terkena berbagai macam penyakit kronis.
6.      Gangguan Ginjal
7.      Gendut/Kegemukan, sel-sel akan menyusut ketika tubuh mengalami dehidrasi. Perubahan itu pun mendorong seseorang makan lebih cepat dan lebih banyak. Jika dibiarkan, kurang minum sama dengan membuat tubuh semakin gendut.
8.      Penuaan Dini, dehidrasi kronis membuat berbagai organ semakin keriput. Maka biasakanlah untuk selalu penuhi anjuran minum delapan gelas sehari. Coba minum air putih segelas setelah dan sebelum tidur, kemudian masing-masing dua gelas setelah makan. 

Itulah beberapa hal-hal istimewa dibalik kesederhanaan air putih. Semoga bermanfaat dan jangan lupa minum air putih 8-10 gelas sehari. Wassalam.

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --