Kopi, Nikmat Bermanfaat



            Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi.  Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang menggemari kopi. Saat ini banyak orang ang menghabiskan waktu luang bersama teman, keluarga atau pasangan dengan menikmati secangkit kopi. Apalagi saat ini kopi semakin banyak jenis rasanya serta dikemas dengan apik yang praktis.
            Kata kopi berasal dari bahasa Arab, qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.
            Secara umum kopi memiliki dua jenis yang berbeda yaitu arabika dan robusta, namun banyak pula jenis kopi lainnya yang biasa dinikmati dengan diolah melalui berbagai macam cara, yaitu:

1.        Kopi Arabika
            Kopi Arabika memiliki aroma mirip percampuran bunga dan buah dengan sensasi asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta dengan cairan yang kental saat diminum dan rasanya lebih halus tetapi pahit. Saat ini olahan dari kopi Arabika telah banyak dikreasikan menjadi olahan kopi baru yang mengadopsi racikan dari sajian kopi Italia seperti espresso, cappuccino dan latte.

2.        Kopi Robusta
            Kopi ini memiliki rasa yang mirip cokelat dengan tekstur lebih kasar dan memiliki wangi yang halus serta manis. Kebanyakan pengolahan kopi ini hanya sebatas dibuat menjadi kopi tubruk.

3.        Kopi Liberika
            Merupakan jenis kopi yang memiliki rasa di antara Arabika dan Robusta. Kopi Liberika ini berasal dari Liberia, Afrika Barat. Jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit pada abad ke 19. Kopi ini juga sering diolah menjadi espresso, latte, dan cappuccino.

4.        Kopi Luwak
            Kopi luwak ini berasal dari kotoran luwak yang didapatkan melalui proses konsumsi biji oleh luwak ketika musim panen, kopi ini dapat berjenis Arabika atau Robusta. Kualitas dari kopi ini sangat tinggi karena proses pemilihan alami dari luwak yang hanya memilih kopi matang pada satu pohon. Hasil pematangannya pun alami dari enzim di dalam perut luwak. Biasanya disajikan sebagai kopi hitam.
5.        Kopi Kolombia
            Kopi ini masih termasuk dalam golongan kopi Arabika. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi hitam dan pemberi aroma pada kue kopi.

6.        Kopi Lintong.
            Kopi ini masik termasuk dalam golongan kopi Arabika yang berasal dari daerah Mandailing Sumatera Utara yang memiliki kadar asam yang sedang dan sangat diminati para pencinta kopi. Jenis kopi ini biasanya diolah menjadi kopi hitam.

7.        Kopi Muncak
            Kopi ini berasal dari kotoran sejenis rusa yang ditemukan di Asia Barat Daya. Sebagian besar jenis kopi ini berasal dari ceceran biji kopi di alam bebas, paling banyak ditemukan di Malaysia dan Indonesia. Kopi ini biasanya disajikan menjadi kopi hitam.

8.        Jamaica Blue Mountain Coffee
            Kopi ini berasal dari Kingston Utara di Jamaika yang memiliki kadar asam sedang. Olahan kopi ini biasa digunakan untuk disajian sebagai kopi hitam, dan penambah rasa.

9.        Kopi Toraja
            Kopi merupakan jenis Arabika baru  yang tumbuh di dataran tinggi di Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi Toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki bobot yang berat. Biasanya kopi ini sering disajikan untuk menjadi kopi tubruk dengan ampas.

10.    Kopi Racemosa
            Kopi yang memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap hama ini berasal dari Afrika Barat. Di Indonesia kopi ini juga dipakai sebagai pengganti kopi Arabika jika terserang hama. Kopi ini biasa disajikan menjadi olahan kopi hitam, penambah rasa pada cake, sirup, espresso, cappuccino dan latte.

Kopi untuk Kecantikan Kulit

            Kopi memang sangat cocok untuk dinikmati dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya diolah menjadi berbagai jenis minuman tetapi juga dijadikan makanan seperti kue dan roti. Selain nikmat ternyata kopi ini juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bagi kesehatan, kopi juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti berikut:
1.      Kopi untuk menghilangkan selulit
Kopi ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan selulit di area paha, bokong, dan lengan.

Cara: campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun secukupnya. Oleskan campuran itu pada area selulit, lalu diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selulit dapat dituntaskan jika kegiatan ini terus dilakukan dengan diikuti olahraga yang teratur.

2.      Kopi untuk menghaluskan kulit serta menghilangkan noda hitam
Kulit yang halus merupakan idaman setiap perempuan, tidak hanya halus namun juga bersih tanpa noda. Kopi ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam.

Cara: hancurkan biji kopi, tambahkan garam secukupnya, dan berikan beberapa tetes baby oil. Adukan campuran perlahan, sehingga menjadi scrub/lulur. Oleskan setengah bagian campuran itu, pijat lembut ke seluruh tubuh dan wajah. Pijatan lembut akan mengangkat kotoran. Bilas 1 kali dengan air bersih, lalu ulangi sekali lagi mengoleskan sisa campuran ke tubuh dan wajah, lalu diamkan beberapa saat agar nutrisi diserap oleh kulit, lalu bilas dengan air bersih.

3.      Kopi untuk mencerahkan kulit dan wajah.
Tahukah anda bahwa kopi dapat mencerahkan kulit dan wajah? Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk mencerahkan kulit dengan kopi.

Cara: campurkan ampas kopi dengan susu murni. Lebih baik jika menggunakan susu kambing, namun dapat juga menggantinya dengan susu sapi. Jadikan campuran yang sedikit kental. Oleskan ke area kulit, wajah, dan leher, disertai pijatan lembut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

4.      Kopi untuk mengencangkan kulit
Kabar baik untuk para wanita, tidak perlu repot-repot dan mengeluarkan jutaan rupiah untuk mengencangkan kulit. Kopi ini ternyata juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit serta mengatasi kerutan di wajah.

Cara: campurkan ampas kopi dengan putih telur. Oleskan pada area kulit dan wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 3x seminggu untuk hasil yang memuaskan.




Sumber & Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --