Biasakan Membaca Mulai Saat Ini




            Buku adalah jendela dunia. Buku adalah sumber ilmu. Buku adalah guruku. Kata-kata tersebut pasti sering anda temui di berbagai tempat. Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Memang benar buku adalah jendela dunia, tapi apa artinya kalau tidak dibaca? Tidak dapat melihat dunia tersebut tentu, tidak mendapat ilmu tersebut serta tidak dapat pelajaran itu pastinya.

            Zaman sekarang mungkin keberadaan buku sedikit tergeser dengan hadirnya teknologi seperti internet. Tidak dapat dipungkiri memang kalau internet memang memberikan manfaat yang besar bagi kita. Dengan internet kita bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah. Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan perangkat seperti komputer, laptop, tablet pc, ponsel dan lainnya, serta menggunakan software tertentu untuk membacanya.

Dibalik semua pengetahuan yang didapat dengan membaca, tahukah anda bahwa membaca buku memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Berikut adalah manfaat yang didapat dengan membaca buku, menurut Lifemojo:

1.      Melatih otak
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

2.      Meringankan stres
Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres.

3.      Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.

4.      Mengembangkan pola tidur yang sehat
Bila Anda terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5.      Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan membaca buku. Maka jangan hanya menonton ftv, bermain game, atau update status di social media. Biasakanlah diri anda untuk membaca buku.

Mengapa  Seorang Muslim Membaca?

Sempat menelusuri internet untuk menemukan hal-hal yang belum saya tahu mengenai membaca. Akhirnya saya menemukan bahasan mengapa seorang muslim membaca. Seorang muslim membaca karena beberapa faidah, yaitu:
  1. Supaya mendapatkan pahala membaca seperti membaca Al-Qur’an.
  2. Membaca untuk belajar ilmu syariat dan memahami agamanya.
  3. Membaca untuk mengembangkan kepandaian berbahasa dan mendapatkan ilmu-ilmu dunia yang bermanfaat.
  4. Mengulang-ulang bacaan untuk menghapal.
  5. Membaca untuk mengetahui tipu daya musuh-musuh Islam dan berhati-hati dari jebakan orang-oranq munafik.
  6. Membaca untuk menyibukkan diri dari kebatilan, karena jika jiwa ini tidak disibukkan dengan ketaatan, dia akan sibuk dengan kemaksiatan.
  7. Membaca untuk hiburan dan melepaskan ketegangan.
  8. Masih banyak lagi faidah dan tujuan membaca yang disyariatkan dan untuk mendapatkan faidah keduniaan.

Pentingnya Meningkatkan Minat Membaca
Sebuah negara tidak akan mampu berkembang tanpa adanya informasi. Tak hanya dengan membaca buku, kita juga bisa mendapat berbagai informasi dari menonton televisi, mendengarkan radio. Tapi permasalahannya, saat ini sangat banyak acara televisi yang menurut saya kurang bermutu dan tidak memberikan ilmu. Sehingga masyarakat terkesan hanya dicekoki dengan tontonan ecek-ecek yang tidak bermanfaat. Memang menghibur, tapi saya rasa masyarakat Indonesia juga semakin pintar dalam menilai tontonan, yang mana yang baik dan mana yang hanya membuang waktu.
            Jika sudah seperti mau tidak mau masyarakat Indonesia harus mulai meningkatkan minatnya dalam membaca. Dibidang pendidikan, kebiasaan untuk membaca jelas harus ditingkatkan. Bagaimana seseorang mampu ikut serta dalam pembangunan jika dalam pendidikannya tak pernah membaca? Meskipun banyak pengalaman, membaca perlu untuk mengetahui berbagai teori yang mendukung kebutuhan kita sehari-hari.
           
Membaca buku pelajaran adalah suatu kewajiban bagi seorang siswa. Namun fenomina media sosial yang merajalela saat ini sepertinya telah membius para remaja untuk meninggalkan bukunya.  Media sosial seperti twitter, facebook, instagram atau path dianggap lebih menarik ketimbang tulisan-tulisan dibuku. Bila sudah seperti ini diharapkan orang tua dapat tegas dan lebih memperhatikan perkembangan anak-anaknya. Karena kalau bukan mereka, siapa lagi yang kelak akan membangun Indonesia baru yang lebih maju.

Kemajuan teknologi juga dimanfaat berbagai pihak untuk menyampaikan berbagai informasi. Seperti dengan adanya koran elektronik yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna melalui gadgetnya masing-masing untuk mendapatkan informasi tanpa perlu membolak-balik kertas koran seperti dulu. Dengan ini diharapkan masyarakat dapat lebih tertarik untuk membaca informasi yang dikemas dengan tampilan yang berbeda dan lebih menarik.
             




Sumber & Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

NO SPAM / NO OFFENCE
- Please Respect Author -

--- GoDian --